4 Hal Yang Perlu Anda Lakukan Dalam Melatih Perilaku Kucing

4 Hal Yang Perlu Anda Lakukan Dalam Melatih Perilaku Kucing

Melatih kucing agar berperilaku baik dan cocok dengan keluarga anda dirumah sangat penting dilakukan, karena akan menjadi sangat merepotkan sekeluarga dirumah jika tidak dilatih sejak awal. Bau menyengat air kencing dan kotoran kucing tentunya akan sangat menganggu, oleh sebab itu melatih perilaku kucing sejak dini harus segera anda ajarkan.

Banyak metode atau cara perawatan kucing dalam melatih perilakunya agar sesuai dengan harapan anda. Berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan guna merubah aktivitas kucing agar menjadi baik dan menyenangkan.

tips-melatih-perlikau-kucing_69988777

Melatih perilaku kucing



Perilaku kucing yang memiliki kemandirian dan kebebasan bisa kita rubah sesuai keinginan kita, yaitu dengan cara melatihnya. Sifat keingintahuan serta hasrat tinggi dalam mengenal dan belajar yang dimiliki kucing menjadi salah satu tolak ukur, bahwa perilaku kucing memang dapat diperbaiki.

Sebagai contoh adalah tingkah/perilaku kucing yang sering melompat kesana kesini dan bisa jadi akan membuat berantakan isi perabotan anda dirumah, tentunya hal ini akan sangat menjengkalkan.

Solusi untuk mengurangi kebiasaan seperti itu adalah dengan melatihnya. Saat kucing sedang melakukan hal tersebut, cobalah anda katakan dengan suara keras “Jangan!”. Jika cara ini tidak dihiraukan, semprotkan sedikit air dengan botol semprot atau pistol mainan (yang berisi air). Lakukan cara ini sampai kucing mengerti.

Hindari melakukan pemukulan, pelemparan benda kepada kucing kesayangan anda. Memberlakukan dengan cara tersebut dalam menegakkan kedisiplinan akan menjadi kucing yang penakut.

Melatih kucing saat buang air kencing dan kotoran



Kucing sebenarnya menyukai kebersihan. Akan tetapi karena belum pernah diajarkan tempat membuang air maupun kotoran yang benar, maka kucing membuangnya disembarang tempat dan biasanya akan menutupi kotorannya.

Latih kucing anda dalam membuang kotorannya, lakukan dengan cara menempatkannya pada saat pagi hari ditempat yang anda inginkan (bisa berupa bak tempat kotoran atau ditempat tertentu luar rumah/halaman). Lakukan juga pada malam hari, setelah makan, dan setelah kucing istirahat. Jika hal ini dilakukan terus menerus, maka kucing akan menyadari saat ingin buang kotoran/kencing maka akan pergi ketempat yang telah kita tentukan.

Melatih pergaulan dengan suasana sekitar rumah



Pelatihan ini sangat penting bagi kucing peliharaan anda, karena pergaulan dengan penguhuni rumah akan membuat kucing tidak berprilaku penakut. Kenalkan dengan manusia, binatang lain (jika anda memiliki peliharaan lain), serta tempat tinggalnya.

Kucing yang masih muda memiliki tubuh yang tidak kuat, maka jika anda mengenalkan dengan anak-anak sebaiknya selalu diawasi.

Melatih pengalaman kucing



Guna memperkecil rasa takut bahkan menghilangkannya terhadapa sesuatu yang belum dikenalnya, maka diperlukan pengenalan. Perkenalkan kucing untuk menambah berbagai pengalaman dan suara sejak dini.

Pengenalan bisa dilakukan secara bertahap, misalnya memperkanalkan dengan suara penghisap debu, mesin cuci, orang baru, bel pintu, serta suara-suara lainnya. Jika cara ini dilakukan setiap hari maka kucing akan melakukan adaptasi.menyusaikan diri dengan lingkungannya.

Ajak juga kucing untuk mengenal lingkungan di luar rumah. Anda bisa membawa kucing jalan-jalan keluar rumah, cara ini akan membuat kucing lebih akrab dengan anda dan tentunya akan mengenal kondisi alam sekitar seperti banyaknya lalu lintas, gonggongan anjing, dan lain-lain.

Itulah beberapa hal yang perlu anda ajarkan kepada kucing peliharaan anda, lakukan  cara –cara tersebut diatas agar perilakunya lebih baik dan menyenangkan.

You Might Also Like:

Share this: