Melatih Kucing Agar Tidak Takut Hair Dryer

Melatih Kucing Agar Tidak Takut Hair Dryer

Hair dryer menjadi alat bantu untuk mengeringkan bulu kucing setelah mandi. Namun banyak kucing yang merasa takut dengan suara bising hairdyer serta hembusan angin dari alat pengering itu. Bagaimana cara melatih sang kucing agar tidak takut saat kita menyalakan hair dyer?
melatih kucing agar tidak takut hair dryer321549

Melatih kucing agar tidak takut hair dryer sebenarnya lebih mudah pada saat usianya masih kecil, Namun jika kucing yang baru kita adopsi sudah besar dan belum pernah atau terbiasa dengan hairdryer maka diperlukan pelatihan secara bertahap. Ada tahapan-tahapan yang perlu kita lakukan saat melatih kucing agar tidak merasa takut dengan suara dan hembusan angin dari hairdryer.

  • Pertama. Pada saat melakukan pelatihan sebaiknya taruh kucing kesayangan kita di ruangan kosong yang tertutup. Hal ini untuk menjaga kucing tidak lari keluar maupun bersembunyi. Kita bisa menaruhnya di kamar mandi atau kamar yang kondisinya kosong dan tertutup.
  • Kedua. Saat pertama kita melakukan pelatihan pada kucing maka kurangi porsi makannya hingga kucing merasa kelaparan. 
  • Ketiga. Setelah kita melihat kucing sudah merasa lapar, maka nyalakan hair dryer dengan kecepatan yang rendah. Setelah itu beri kucing makanan basah (makanan basah akan lebih cepat kucing untuk memakannya daripada makanan kering). Kemudian secara bertahap kita tambahkan kecepatan hairdryer. Ulangi proses tersebut sampai kucing tidak merasa takut dengan suara bising hairdryer.
  • Keempat. Setelah kucing terbiasa dengan suara hair dryer, maka kita coba melatih kucing dengan hembusan angin hangat yang keluar dari hair dryer. Tahap pertama diusahakan hembusan angin tidak langsung terkena ke tubuhnya. Lakukan cara ini sampai kucing benar-benar tidak merasa takut lagi.
  • Kelima. Hari berikutnya saatnya memandikan kucing dan mencoba mengeringkan dengan hairdryer. Setelah memandikan, buat kucing merasa nyaman terlebih dahulu dengan mengelus dagu dan pipinya. Kemudian nyalakan hairdyer, sebaiknya pantulkan hembusan angin yang keluar dari hair dryer ke tembok karena jika langsung ke tubuh akan membuat kucing berontak dan lari. 
lihat juga: Tips Memilih Kandang Kucing Yang Nyaman

Itulah beberapa langkah melatih kucing agar tidak takut dengan hair dryer. Semoga bermanfaat bagi Anda.

You Might Also Like:

Share this: