Mengatasi Kucing Yang Tidak Mau Makan

Mengatasi Kucing Yang Tidak Mau Makan

Pastinya kita merasa senang jika kucing perliharaan lahap dalam menyatap makanan, akan tetapi bagaimana jika kucing kesayangan kita tiba-tiba tidak mau makan? Jika hal ini terjadi, maka kita harus segera membawanya kedokter hewan karena berbeda dengan hewan peliharaan lain misalnya Anjing. Kucing bila tidak mau makan dalam sehari saja akan berakibat fatal.

mengatasi-kucing-tidak-mau-makan

Pada hewan yang tidak mau makan, energi yang dibutuhkan untuk proses fisiologi tubuh akan tetap tersedia dari hasil pembakaran lemak yang tersimpan pada jaringan tubuhnya. Namun proses dalam pembakaran lemak menjadi energi pada kucing menjadi tidak baik, karena pada saat pembakaran lemak ada perubahan sistem metabolisme pada kucing. Hal tersebut akan menyebabkan kerusakan pada jaringan organ hati (feline hepatic lipidosis).

Tindakan yang perlu dilakukan pada  kucing yang tidak mau makan


Penyebab kucing tidak mau makan sebenarnya banyak sekali, misalnya karena kucing merasa bosan dengan makanan yang kita berikan. Namun jika bukan karena bosan karena menu makannya, maka bisa jadi kucing tersebut sakit. Kucing yang sedang sakit akan menyebabkan nafsu makannya menjadi berkurang atau bisa jadi malah tidak mau menyantap makananannya sama sekali.

Tindakan terbaik yang harus dilakukan adalah membawanya ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan. Namun jika anda belum sempat membawanya ke dokter hewan, cobalah lakukan tindakan berikut untuk mengatasi nafsu makannya yang kami kutip dari KucingKita.Com.

1. Pancing nafsu makan kucing

Terkadang kelakuan kucing sedikit manja, jadi cobalah memberikan makanan dengan cara menyodorkannya ke dekat hidung kucing. Jika kucing tidak mau makan, Anda masukan makanan sedikit kedalam mulut kucing. Lakukan cara ini beberapa kali, jika kucing tetap tidak bangkit nafsu makannya gunakan cara lain.

2. Ganti jenis makanan

Rasa bosan akan jenis makanan juga bisa terjadi pada kucing. Memberikan makanan kucing (dry food) biasanya berbentuk seperti biscuit kecil, makanan jenis ini memang kurang memiliki bau serta rasa yang dapat membangkitkan nafsu makan kucing. Untuk itu, cobalah untuk memberikan makanan basah (sachet maupun kaleng). Jika kucing mau memakannya, campurkan makanan kering dengan makanan basah. Harap diperhatikan, sebaiknya jangan memberikan makanan basah setiap hari karena kandungan nutrisinya tidak cukup dan akan mempercepat terjadinya plak/karang gigi.

3. Menyuapi kucing

Untuk mengatasi kucing yang tidak mau makan bisa juga dilakukan pemberian makanan dengan cara disuapi. Lakukan dengan menggunakan tangan, sendok kecil atau menggunakan spoit/suntikan tanpa jarum. Adapun makanan yang diberikan adalah makanan basah, misalnya makanan kalengan, makanan kering yang direndam terlebih dahulu dengan air hangat agar lunak dan mudah dihancurkan, atau bisa juga dengan mencampur keduanya (kering yang dilunakkan dan basah).

4. Berikan vitamin & suplemen

Untuk merangsang nafsu makan kucing, cobalah dengan memberikan vitamin B kompleks. Selain itu dapat juga diberikan suplemen asam amino lisin (lysine), suplemen ini selain bisa merangsang nafsu makan juga dapat meminimalisir perkembangan virus herpes (penyebab flu pada kucing).

Penting untuk diperhatikan, biasakan dalam memberikan vitamin atau suplemen sesaat setelah makan. Apalagi pada kucing yang tidak mau makan seharian maka bisa membuat iritasi pada lambung dan muntah jika memberikan vitamin/suplemen dalam kondisi belum makan.

Baca juga artikel: 7 Nutrisi Penting Untuk Memperindah Bulu Kucing

Itulah beberapa tindakan yang perlu dilakukan untuk mengatasi kucing yang tidak mau makan, sebelum anda membawanya ke dokter. Namun jika dengan melakukan tindakan tersebut kucing kembali nafsu makannya maka itu akan lebih baik, jadi tidak keluar biaya untuk ke dokter… hehehe

You Might Also Like:

Share this: