Perawatan Anak Kucing Yang Baru Dilahirkan

Perawatan Anak Kucing Yang Baru Dilahirkan

Kucing lucu kesayangan Anda sedang dalam masa kehamilan? Selamat ya… karena tidak lama lagi rumah Anda akan bertambah ramai dengan si kitty kecil. Namun sambil menunggu kucing melahirkan alangkah baiknya jika kita mengetahui tindakan apa yang harus diperbuat/dilakukan segera setelah anak kucing yang baru dilahirkan dan juga cara merawatnya.

perawatan-anak-kucing-yang-baru-dilahirkan

Memang secara alami sang induk kucing akan melakukan tindakan dengan sendirinya dalam mengurus anaknya yang baru saja dilahirkan, akan tetapi tidak ada salahnya juga kita sedikit membantu melakukan perawatan anak kucing yang baru dilahirkan.

1. Bersihkan anak kucing

Hal pertama yang dilakukan adalah membersihkan anak kucing dari kotoran yang menempel di tubuhnya, terutama pada tali pusanya.

2. Memberikan kehangatan

Anak kucing yang baru saja dilahirkan membutuhkan rasa hangat, jadi kita dapat meletakan anak-anak kucing di bawah handuk dan bagian atas handuk bisa anda tempelkan botol berisi air hangat. Cara ini dilakukan karena kondisi anak kucing yang baru dilahirkan tubuhnya dalam keadaan basah dan lembab, jika kita tidak melakukan sesuatu untuk menghangatkannya maka suhu tubuhnya bisa menurun dengan cepat.

3. Kembalikan kepelukan induknya

Sebaiknya setelah membersihkan kotoran yang menempel pada tubuh anak-anak kucing dan menghangatkannya maka segera kembalikan kucing pada induknya.

4. Memberikan susu dari induknya

Kucing yang baru lahir sangat penting untuk mendapatkan air susu dari induknya. Air susu sang induk juga akan berfungsi untuk melindungi anak kucing dari infeksi.

Hal penting lainnya yang perlu dilakukan setalah anak kucing lahir adalah Menentukan jenis kelamin dan menimbang berat badan.

Menentukan jenis kelamin, Cara termudah dalam menentukan jenis kelamin kucing adalah dengan mengakat ekor kucing. Setelah diangkat, akan terlihat dua lubang (jika kedua lubang jaraknya berjauhan maka dipastikan berkelamin jantan, sebaliknya jika kedua lubang jaraknya berdekatan maka kucing betina).

Menimbang berat badan, Proses menimbang berat badan juga penting dilakukan agar kita bisa mengontrol makanan yang sebaiknya mereka konsumsi. Lakukan penimbangan anak kucing setiap hari selama 2 hingga 3 minggu.

Baca juga artikel: Mengenali Ciri-Ciri Kucing Hamil Dari Perilaku Dan Fisik

Selama anak kucing belum genap 2 minggu, kita jangan mengganggunya. Namun kita tetap harus mengontrolnya untuk memastikan tidak terjadi hal-hal yang tidak baik pada kondisi anak kucing. Itulah tips perawatan anak kucing yang baru dilahirkan, semoga bermanfaat.

You Might Also Like:

Share this: