Ingin Beli Kucing Persia? Baca Tips Memilihnya

Ingin Beli Kucing Persia? Baca Tips Memilihnya

Hewan peliharaan yang cantik, manis, serta imut salah satunya adalah Kucing Persia. Kucing jenis ini sangat cocok sebagai teman bercanda diwaktu luang anda, namun bagi anda yang ingin memelihara setidaknya harus hati-hati sebelum membelinya.

Sebelum mengadopsi/membeli kucing persia tentunya akan lebih baik jika anda mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri kucing yang baik dan tentunya sehat agar anda tidak kecewa saat sudah memilikinya. Berikut ada beberapa tips memilih kucing yang baik:

keluarga-kucing-persia_32004

#1. Kepribadian kucing

Jika ingin membeli hewan peliharaan kucing, sebaiknya dilihat terlebih dahulu keperibadiannya. Kucing memiliki berbagai keperibadian, diantaranya ada yang berkepribadian pemalas, penyayang, dan penurut. Jika anda membeli kucing untuk dikembangbiakkan sebaiknya cari yang memiliki kepribadian penyayang (karena ada beberapa kasus, indukkan kucing tidak mau menyusui anaknya) dan berumur diatas 1 tahun. Namun jika hanya ingin sebagai hewan peliharaan dirumah lebih baik memilih yang umurnya masih muda (bertujuan agar mudah untuk dijinakkan), serta pilih kucing yang aktif dan manja.

#2. Warna bulu kucing

Jika membeli kucing sebagai indukkan, pemilihan warna bulu menjadi sangat penting karena akan mempengaruhi warna bulu anakannya. Sebaiknya pilih indukan kucing yang bulunya berwarna terang agar anakan yang dihasilkan juga menarik warna bulunya.

#3. Warna mata kucing

Mata kucing juga menjadi salah satu yang menarik untuk dilihat, jadi saat anda akan membeli kucing Persia teliti juga warna pada bola matanya. Warna mata juga akan sangat berpengaruh pada hasil anakan nantinya. Kucing yang berwarna terang atau putih maka warna matanya akan abu-abu atau kebiruan.

#4. Teliti badan dan bulu kucing

Meneliti bagian badan dan bulu kucing persia sebelum membeli merupakan hal yang sangat penting, oleh sebab itu teliti dengan seksama sebelum mengadopsinya. Teliti dahulu pada bagian bulunya, jangan sampai terdapat jamur. Jamur pada kucing juga bisa menular ke manusia, maka meneliti bagian bulu harus hati-hati jangan sampai membeli kucing tapi akan mengakibatkan anda sekeluarga terkena jamur.

Pastikan juga bahwa bulu kucing tidak menggumpal, caranya dengan meraba bagian tubuhnya. Jika terdapat bulu yang menggumpal, sebaiknya lihat juga bagian dasar kulitnya apakah terdapat jamur atau tidak.
Selain memastkan bebas dari jamur, lihat juga bagian kulit apakah terdapat benjolan kecil atau bekas luka. Jika kucing memiliki jamur dan bekas luka maka sebaiknya jangan dipilih.

#5. Gigi dan telinga kucing persia

Sebelum memutuskan membeli, lihat juga bagian gigi. Bentuk gigi kucing yang baik adalah bersih dan utuh. Selain itu, lihat juga kebersihan bagian telinga dan bentuk telinganya.
Bentuk telinga kucing juga menjadi indicator sehat tidaknya tubuh kucing tersebut. Telinga yang sakit juga dapat berpengaruh pada bentuk telinganya, hal ini biasa disebut dengan scabies.

#6. Vaksinasi kucing

Membeli kucing juga sebaiknya menanyakan buku vaksinnya, karena kucing yang sudah diberi vaksin akan lebih kuat dan tahan dari serangan penyakit. Member vaksin pada kucing juga untuk menjaga, karena hewan peliharaan yang satu ini sangat rentan terhadap penyakit yang juga bisa membuat kucing mati.


Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum anda membeli kucing persia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ingin memelihara binatang imut dan manja. Referensi artikel kaskus thread dan http://www.suaraburungs.com/2015/01/jenis-kucing-persia-yang-paling-popular.html

You Might Also Like:

Share this: