Merawat dan Mengatasi Kucing Hamil Dirumah

Merawat dan Mengatasi Kucing Hamil Dirumah

Mungkin Anda sudah terbiasa dalam merawat hewan kesayangan selama ini khususnya kucing. Dengan melakukan perawatan yang teratur di rumah dan membawanya ke salon untuk mendapatkan perawatan khusus bagi kucing Anda. Lalu, bagaimana bila merawat kucing yang masih dalam kondisi hamil?

cara-merawat-kucing-hamil

Kehamilan pada kucing merupakan satu hal yang dinanti-nantikan Anda khususnya para pecinta kucing. Kucing hamil mengalami pergantian fisik dan perilaku. Pergantian fisik seperti sisi perut nampak membesar di usia kehamilan 1 bulan. Puting susu yang juga membesar dan memerah serta pada bulu disekitarnya mulai menipis, keluarnya air susu jika dipencet dengan lembut, maka kucing Anda kurang 2 sampai 3 minggu lagi akan melahirkan.

Baca juga artikel: Mengenali Ciri Kucing Hamil dari Prilaku dan Fisik

Ketika Anda mengetahui bahwa kucing Anda tengah hamil, Anda mungkin masih bingung apakah ada perawatan khusus untuk si kucing ini? Anda tidak perlu khawatir, berikut ini akan dijelaskan mengenai Tips Merawat dan Mengatasi Kucing Hamil

  • Berikan makan terbaik untuk kucing, karena kucing yang sedang hamil membutuhkan banyak protein dan vitamin
  • Kucing hamil harus selalu di dalam rumah dan terjaga kebersihannya
  • Jangan memberi obat sembarangan seperti obat jamur, obat kutu, obat cacing dan obat-obatan yang mengandung antibiotik yang bisa menyebabkan cacat pada janin bahkan bisa mengakibatkan keguguran.
  • Siapkan kandang yang nyaman dan hangat, dapat  memberikan kotak kardus yang besar yang berisi handuk atau mungkin alas seperti tatakan koran, langkah demikian sudahlah cukup memadai, dan letakkan di tempat yang hangat, tenang, bersih serta terawasi. dan pastikan tempat ini sudah ada minimal 1 minggu sebelum saat waktunya melahirkan.
  • Jauhkan si kucing yang hamil ini dari kucing-kucing lain karena ia tidak suka berada didekat kucing-kucing lain meskipun kucing itu sudah saling mengenal sejak lama. Insting keibuan serta proteksi bakal makin kuat ketika mendekati kelahiran, dan ada beberapa kucing melahirkan bisa akan segera menyerang kucing lain yang ingin mendekatinya.
  • Siapkan persediaan makanan yang cukup untuk si kucing, jangan biarkan kucing Anda sendirian dan kelaparan pada saat menjelang proses kelahirkan
  • Apabila terdapat masalah darurat, segera cek-up ke dokter hewan Anda.

Itulah beberapa tips bagaimana merawat dan mengatasi kucing hamil dirumah. Semoga kucing Anda dalam kondisi yang sehat diwaktu hamil dan bisa melahirkan bayi kucing dengan selamat.



You Might Also Like:

Share this: