Tips Merawat Kucing Anggora

Tips Merawat Kucing Anggora

KucingAnggora memiliki bulu yang semi panjang memang mempunyai daya tarik tersendiri bagi pecinta hewan peliharaan. Badannya yang cenderung lebih berisi dibandingkan dengan kucing biasa. Tentu saja dengan berbagai perbandingan kucing ini pun terdapat cara yang berbeda dalam perawatannya. Memang tidak begitu berbeda dengan merawat kucing pada umumnya tetapi butuh adanya perhatian khusus.

merawat-kucing-anggora_231645

1. Memandikan Kucing

Pada kucing anggora cara perawatan umum dilakukan lebih spesifik, mengenai kebersihan diri kucing yaitu dimandikan minimal 2 minggu sekali, atau untuk pemilik kucing yang memiliki banyak waktu luang bisa memandikannya dan memotong kuku seminggu sekali agar tampilan kuku tetap rapi.

Hal ini perlu dilakukan rutin tetapi tidak setiap hari kucing harus dimandikan. Perawatan bulu di usahakan kering atau tidak lepek, akan tapi jangan terlalu sering juga karena demi menghindari kerusakan atau kerontokan bulu.

2. Kebersihan kandang

Untuk kebersihan kandang gunakan bahan almunium untuk menghindari timbulnya karat. Pada kotak pasir perlu di bersihkan 2 kali seminggu dan juga disemprotkan desinfektan. Untuk kenyamanan si kucing maka perlu penyesuaian ukuran dan desain kandang misalnya untuk kucing anggora dengan ukuran standar yaitu 90x63x65 cm dan didesain dengan jeruji yang sedikit lebar agar si kucing mendapat ventilasi yang cukup.

3. Makanan dan minuman

Kucing anggora harus mendapat perhatian yang ekstra khususnya kebersihan makanan. Usahakan untuk membiasakan memberikan makanan kering pada kucing, karena makanan basah tidak baik untuk kesehatanya.

Sedangkan untuk minum boleh diberikan susu khusus dan dengan frekuensi yang kecil. Alangkah baiknya air putih saja sudah dianggap cukup. Hindari pemberian makanan selain makanan khusus kucing, seperti ikan, ayam, dan lainnya.

4. Vaksinasi

Memiliki kucing yang sehat pada usia 3 bulan segera dilakukan vaksinasi. Biasanya dokter akan menganjurkan vaksinasi 3x, tetapi tidak diwajibkan untuk jenis vaksin yang dilakukan tahunan.

Inilah Tips Merawat Kucing Anggora yang kami kutip dari suaraburungs.com Apabila Anda menginginkan kucing anggora Anda tetap tetap hidup sehat dan terawat. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda semua.

You Might Also Like:

Share this: