Mengenal Jenis Kucing Anggora

Mengenal Jenis Kucing Anggora

Bagi penggemar kucing, pastinya sudah tahu jenis yang satu ini. Anggora, jenis kucing yang memiliki bulu yang panjang dan berat tubuh antara 3 sampai 8.5 kg. Sifat atau perilaku ramah, cerdas, serta sangat aktif dalam berinteraksi dengan anggota keluarga pemeliharanya membuat kucing anggora ini semakin popular sebagai hewan peliharaan dirumah.

Dari berbagai jenis kucing anggora, yang paling banyak dicari untuk dipelihara adalah anggora yang berwarna putih. Selain indah bulu-bulunya yang bersih, kucing ini juga memiliki bola mata yang berwarna beda antara kedua matanya (sebelah biru dan sebelahnya kekuning-kuningan). Namun sebenarnya yang seperti ini cenderung tuli, terutama pada bagian telinga yang berada pada mata biru.

jenis-kucing-anggora_332255

Asal usul dari kucing anggora memang masih menjadi misteri, walaupun jenis kucing berbulu panjang sudah ada berabad-abad terutama pada Negara-negara timur tengah. Sebelumnya kucing jenis ini bernama Ankara, sebuah nama kota di Negara Turki. Namun setelah kota itu berubah menjadi angora maka kucing jenis ini juga berganti nama.

Perawatan kucing anggora


Sebagain besar kucing memang sangat menyukai kebersihan, begitu juga dengan kucing jenis anggora. Oleh karena itu, perawatan penting yang utama adalah selalu memandikannya secara rutin (Baca tips Memandikan Kucing Yang Baik dan Menyenangkan) dan kondisi kandang harus dijaga kebersihannya.

Bulu-bulu yang panjang pada anggora harus selalu dirapihkan atau disisir setiap hari guna menjaga kecantikan dan keindahan kucing. Berikan pakan yang mengandung gizi dan vitamin guna menjaga kondisi kesehatan dan tentunya lebih kebal dari serangan penyakit.

Penyakit yang sering menyerang kucing anggora


Karna kucing anggora merupakan jenis kucing ras alami, maka kucing ini sangat kuat dan tidak mempunyai problem kesehatan tertentu. Akan tetapi memang ada beberapa penyakit atau gangguan yang sering menjangkitinya, antara lain:
  • Tuli
  • Feline hypertropic cardiomyopathy
  • Ataksia
  • Limfoma
  • Luxating patella

 

Ragam warna bulu kucing angora


#1. Kucing anggora (warna putih mata kuning emas)

warna-kucing-anggora-putih-mata-kuning-emas

#2. Kucing anggora (warna tabby tutul hitam perak)

anggora-warna-tabby-tutul-hitam-perak

#3. Kucing anggora (Warna asap biru)

anggora-warna-asap-biru

#4. Kucing anggora (warna tortoiseshell hitam asap)

aggora-warna-hitam-asap

 #5. Kucing anggora (warna torbie hitam dan putih)

anggora-berwarna-torbie-hitam-dan-putih

#6. Kucing anggora (warna hitam)

anggora-berwarna-hitam

#7. Kucing anggora (warna torbie krem biru dan putih)

bulu-anggora-torbie-krem-dan-putih

#8. Kucing anggora (warna tabby bercak sokelat)

anggora-berbulu-tabby-bercak-cokelat

Berbagai jenis warna bulu kucing angora tersebut diatas telah diakui oleh organisasi Fife (Fedaration International Feline) sebuah lembaga pendaftaran serta pengakuan ras kucing dan LOOF (Livre Officiel des Origines FĂ©lines). Namun ada beberapa jenis warna kucing yang belum diakuinya, antara lain: warna liliac, kayu manis, warna point, cokelat, sepia, dan mink. Referensi artikel catser dan (wikipedia)

You Might Also Like:

Share this: