Tips Memandikan Kucing Yang Baik dan Menyenangkan

Tips Memandikan Kucing Yang Baik dan Menyenangkan

Mandi merupakan hal rutin yang harus dilakukan pada kucing peliharaan anda. Selain untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh, mandi juga akan mempercantik penampilan kucing. Namun terkadang proses memandikan ini menjadi hal yang ditakutkan bagi pemeliharanya apalagi bagi pemula atau pertama kali mempunyai kucing peliharaan.

Hal-hal yang membuat rasa takut saat memandikan kucing antara lain takut terkena cakarannya. Kuku-kuku tajam hewan ini bisa saja melukai anda disaat kucing merasakan air yang terlalu dingin dan panic yang pada akhirnya akan mencakar diri anda.

kucing-imut-dan-lucu_3211440

Memandikan kucing itu menyenangkan


Membawa ke salon hewan merupakan solusi para pemelihara yang biasanya takut untuk memandikan kucing, namun apakah ini merupakan jalan satu-satunya? Tentu saja tidak, karena jika anda benar-benar serius untuk memelihara maka alangkah baiknya belajar cara memandikan kucing yang baik dan menyenangkan. Berikut ada tips cara memandikan kucing yang baik dan menyenangkan.

Peralatan yang diperlukan untuk memandikan kucing adalah
1.   Alat grooming
  • Sisir
  • Handuk
  • Blower
  • Gunting kuku
2.    Shampoo khusus untuk kucing
3.    Air hangat (jika daerah anda dingin) atau air hangat (jika daerah anda panas)
4.    Handuk
5.    Pengering rambut atau blower

Sebelum memandikan kucing



proses-memotong-kuku-kucing_654412

Hal pertama yang dilakukan sebelum memandikan adalah memotong kuku kucing terlebih dahulu. Pemotongan kuku kucing cukup sampai pada garis merah saja, karena jika pemotongan terlalu dalam bisa membuat kuku kucing berdarah dan tentunya akan membuat kesakitan.

Setelah proses memotong kuku selesai, siapakan air didalam bak (air tergantung pada kondisi hawa daerah anda, seperti yang sudah diterangkan diatas). Kemudian masukan shampoo khusus untuk kucing kedalam bak secukupnya, lalu kucek hingga air berbusa.

Proses memandikan kucing



Saat melakukan pemandian kucing harus dilakukan dengan hati-hati, yaitu pegang kucing dan masukan kedalam bak mandi secara perlahan-lahan. Jika terjadi pemberontakkan, maka tenangkanlah terlebih dahulu dengan cara mengajak berbicara melalui suara yang penuh kelembutan atau bisa dengan mengelus tubuh kucing dengan halus.

Jika kondisi kucing sudah merasa tenang, anda bisa memasukannya kembali kedalam bak mandi dan basuh tubuh kucing mulai dari pangkal ekor sampai leher. Saat melakukan pembasuhan, hindari membasuh pada bagian muka dan telinga. Pembersihan bagian muka serta telinga bisa menggunakan lap basah, cara ini dilakukan agar kucing peliharaan anda tidak merasa kaget.

Lakukan pemijitan dari bagian kaki hingga ekor dengan lembut sampai seluruh tubuh terkena shampoo, jika merasa kurang shampoo bisa ditambahkan kembali.

memberi-shampoo-pada-kucing_4500021

Setelah dirasa cukup, kemudian ganti air dibak mandi dengan yang baru untuk membilas. Pembilasan harus dilakukan sampai benar-benar bersih dari shampoo, karena jika terdapat sisa shampoo yang menempel bisa menyebabkan timbulnya ketombe pada kucing anda.

Proses selanjutnya adalah mengeringkan bulu kucing dengan handuk dan gunakan blower sebagai alat pengering. Pastikan bulu kucing benar-benar kering, sebab jika masih basah dan lembab akan menyebabkan tumbuhnya jamur pada kulit. Yang terakhir adalah merapikan bulu-bulu kucing dengan sisir yang sesuai untuk kucing.

Itulah tips cara memandikan kucing yang baik dan menyenangkan, semoga bermanfaat bagi anda yang baru mempunyai kucing kesayangan atau yang baru akan membeli. (baca tips Memilih Kucing Persia)

You Might Also Like:

Share this: