7 Nutrisi Penting Untuk Memperindah Bulu Kucing

7 Nutrisi Penting Untuk Memperindah Bulu Kucing

Kucing yang berbulu indah tentu akan membuat tampilannya menjadi semakin menarik dan mempesona. Keindahan bulu pada kucing akan tumbuh jika tubuhnya dalam kondisi yang sehat. Kesehatan kucing ditopang oleh asupan nutrisi yang tepat, baik dari jenis makanan, vitamin, mineral, dan pola perawatan kucing lainnya (misalnya pemandian, kandang, dan lain-lain).

Jenis nutrisi agar bulu kucing indah

nutrisi-penting-bagi-keindahan-bulu-kucing

Ada beberapa nutrisi yang dibutuhkan kucing guna memperindah bulu-bulunya, diantaranya adalah:

#1. Lemak
Lemak menjadi sumber energy penting yang dibutuhkan kucing. Lemak yang akan memproduksi membrane sel dan prostaglandin pada kucing adalah asam lemak tak jenuh (PUFA).

#2. Protein dan asam amino esensial
Nutrisi ini sangat penting dalam pertumbuhan serta perkembangan rambut dan kulit kucing. Jika kucing kekurangan asupan protein maka akan berakibat rambut/bulu kucing yang mudah patah, kasar, kering, dan mengecilnya diameter rambutnya.

#3. Vitamin A
Vit.A sangat penting dalam mengatur metabolism epitel pada kucing, selain itu vitamin ini akan mengatur jaringan tulang. Dalam memproduksi pigmen visual pada kucing, Vit.A juga memiliki peran yang penting. Namun pemberian nutrisi ini juga harus sesuai kadarnya, karena kekurangan maupun kelebihan Vitamin A juga akan berdampak buruk bagi kesehatan kucing, diantaranya:

Kekurangan Vitamin A
Kucing yang kurang asupan Vitamin A dapat membuat keratinisasi pada kulit, baik epidermis maupun mukosa. Selain itu kekurangan Vit. A akan membuat kulit menjadi rentan masalah infeksi.
Kelebihan Vitamin A
Kucing yang kelebihan Vit.A juga akan mengalami gejala yang hamper sama dengan kekurangan vitamin, antara lain akan menimbulkan terjadinya malaise, perut yang tidak nyaman, muntah, nausea, skeletal hyperostosis, dan ikhterus. Pemberian Vitamin A yang berlebihan atau Hipervitaminosis A biasanya terjadi pada kucing yang diberi makanan liver (hati).

#4. Vitamin B komples
Kandungan Vit.B kompleks sangat dibutuhkan sebagai kofaktor dan koenzim pada sistem metabolism protein, lemak dan karbohidrat. Vitamin B kompleks yang kurang pada kucing akan membuat kulit menjadi bersisik dan alopesia.

#5. Vitamin E
Kandungan nutrisi yang terdapat pada vitamin E akan melindungi membrane sel terhadap destruksi dan peroksidasi dari adanya radikal bebas. Kekurangan Vit.E akan menimbulkan gejala dermatologi seperti kekurangan asam lemak.

#6. Vitamin D
Kebutuhan Vit.D pada kucing karena dapat membantu produksi kulit melalui radiasi sinar ultraviolet yang kebutuhannya tidak mencukupi.

#7. Mineral
Kucing sangat membutuhkan asupan mineral yang cukup. Zat kandungan mineral yang penting bagi kucing diataranya:
  • Zat besi
  • Tembaga
  • Zink (kandungan mineral yang sangat penting guna menjaga homeostasis di banyak jaringan, menjaga sistem kekebalan serta metabolism asam nukleat. Kucing sangat membutuhkan kandungan zat ini, bahkan lebih banyak jika mengkonsumsi protein nabati)
  • Iodium
  • Kalsium

Itulah 7 nutrisi yang penting dalam memperindah bulu kucing anda, semoga bermanfaat dan rawatlah dengan baik kucing peliharaan anda. (baca juga artikel Penyebab Bulu Rontok Pada Kucing)

You Might Also Like:

Share this: