Mengenali Ciri-Ciri Kucing Hamil dari Perilaku dan Fisik

Mengenali Ciri-Ciri Kucing Hamil dari Perilaku dan Fisik

Idaman para pemelihara kucing khususnya yang berkelamin betina tentunya adalah memiliki keturunan. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka perlu adanya perkawinan dengan kucing jantan lainnya baik yang satu ras maupun berbeda ras. Setelah melakukan perkawinan hal yang paling ditunggu adalah kehamilan, akan tetapi banyak para pemelihara tidak paham ciri-ciri kucing hamil.

tanda-ciri-ciri-kucing-hamil_3562100

Untuk memudahkan mengetahui tanda atau ciri kucing yang sedang hamil selain membawa ke dokter hewan maka bisa anda lihat dari berbagai perubahan fisik maupun perilaku kucing. Sama halnya dengan berbagai makhluk hidup, kehamilan kucing juga akan mempengaruhi bentuk fisik dan juga perilaku. Berikut beberapa ciri kucing hamil yang umum terjadi yang perlu anda ketahui:

Perubahan perilaku tanda kucing hamil


Perilaku keseharian akan mengalami perubahan pada kucing yang sedang hamil, diantaranya adalah:
#1.  Muntah-muntah
Muntah-muntah pada kucing yang hamil juga biasanya sering terjadi. Walaupun tidak semua kucing hamil mengalami muntah-muntah, akan tetapi jika kucing peliharaan anda mengalami tanda-tanda tersebut maka segeralah bawa kedokter hewan guna memastikan penyabab muntah.
#2. Siklus birahi
Kucing yang sedang hamil akan hilang siklus birahinya. Jika suatu saat kucing anda mengalami pemberhentian siklus birahi setelah dilakukan perkawaninan, maka ini merupakan ciri kalau sedang hamil.
#3. Kucing menjadi manja
Kucing hamil akan berperilaku lebih manja dan selalu ingin perhatian para pemeliharanya. Tingkah lakunya menjadi lembut dan tenang, saat mulai masa kelahiran maka akan berubah menjadi gelisah dan selalu mencari tempat yang tenang dan hangat.
#4. Nafsu makan bertambah
Guna memberikan nutrisi lebih pada janin dan ibunya, maka kucing yang hamil akan bertambah nafsu makannya.

 

Perubahan fisik kucing hamil


Perubahan fisik atau tubuh yang terjadi pada kucing hamil bisa anda ketahui dengan cara merabanya, antara lain:
#1. Perut besar
Pada masa kehamilan perut kucing akan membesar, hal ini akan terlihat jika sudah memasuki masa kehamilan 5 minggu. Perut akan terus membesar sampai pada masa kelahiran.
#2. Bulu rontok
Saat masa kehamilan, bulu disekitar puting susu akan mengalami penipisan atau rontok. Kerontokan bulu juga terjadi pada bagian lain, akan tetapi tidak lama. (baca juga artikel Penyebab Rontok Bulu Kucing)
#3. Puting membesar
Perubahan juga terjadi pada bentuk puting susu yang membesar dan berwarna kemerah-merahan.
Itulah beberapa ciri-ciri kucing hamil, semoga bermanfaat bagi anda yang sedang menginginkan kucing kesayangannya mempunyai keturunan. (Baca juga artikel Cara Merawat Kucing Hamil Dirumah)

You Might Also Like:

Share this: